Rabu, 17 Februari 2010

Teori Dan Teknik Kepemimpinan

(LEADERSHIP)

oleh andre disampaikan pada kemah bakti


Pemimpin merupakan faktor penentu dalam menentukan hasil usaha yang dilakukan oleh suatu organisasi. Sehingga pada prinsipnya, pemimpinlah yang mempunyai kesempatan yang paling besar untuk “merubah jerami menjadi emas” atau “merubah tumpukan uang menjadi abu”.

Peribahasa tersebut di atas menjelaskan bahwa faktor pemimpin merupakan faktor utama/penting yang dapat menentukan maju mundur juga bisa hidup matinya suatu usaha bersama dan kepemimpinan merupakan kunci pembuka suksesnya organisasi/usaha.

A. Teori Kepemimpinan

Ada beberapa teori tentang kepemimpinan, dengan menonjolkan dari latar belakang sejarah (histories), sebab-sebab timbulnya kepemimpinan, persyaratan menjadi pemimpin, sifat-sifat utama, tugas dari seorang pemimpin, dan sebagainya.

B. Latar Belakang Sejara

Kepemimpinan muncul bersama-sama dengan adanya peradaban manusia. Yaitu sejak nenek moyang manusia berkumpul bersama dan terjadi kerjasama antar manusia. Pada saat itu akan muncullah seorang manusia yang paling tua, paling kuat, paling cerdas, paling bijaksana, atau paling berani yang menjadi pemimpin.

Sebab-sebab munculnya seorang pemimpin :

  1. Teori Genesis, yang menyatakan pemimpin itu tidak dibuat, tetapi pemimpin itu timbul atau ada dengan sendirinya.
  2. Teori Sosial, pemimpin itu harus dipersiapkan(melalui pendidikan), setiap orang bisa menjadi pemimpin bila mendapat pendidikan yang layak
  3. Teori Ekologis (Sintesis), pemimpin yang sukses adalah pemimpin yang mempunyai bakat pemimpin dan kemudian dikembangkan melalui usaha pendidikan dan mengembangkan pengalaman.

C. Tipe-Tipe (Gaya) Kepemimpinan

Pemimpin itu mempunyai sifat, kebiasaan, temperamen,watak serta kepribadian sendiri yang unik dan khas sehingga berbeda dengan yang lainnya. Ada beberapa tipe yang baik dan ada juga yang buruk, atau malah ada juga yang merupakan gabungan dari keduanya, seperti contoh-contoh di bawah ini :

1. Tipe Deserter (Pembelot), adalah tipe pemimpin yang bermoral rendah, tidak mempunyai loyalitas (rasa pengabdian/memiliki) dan tidak merasa terlibat.

2. Tipe Birokrat, adalah tipe seorang pemimpin yang patuh, taat, cermat dan keras dalam menegakkan peraturan

3. Tipe Misionaris, adalah tipe seorang pemimpin yang terbuka, penolong, ramah, dan lembut hati.

4. Tipe Developer (Pembangun), adalah tipe seoanrang pemimpin yang kreatif, dinamis,, baik dalam pelimpahan wewenang, juga percaya kepada para bawahannya.

5. Tipe Otokrat, adalah tipe seorang pemimpin yang tegas tetapi cenderun kasar, sedikit bersifat diktatoris, mau menang sendiri, keras kepala, angkuh dan bandel.

6. Tipe Benevolent Autocrat (Otokrat Yang Baik), adalah tipe seorang pemimpin yang baik, lancar dan tertib dalam melaksanakan peraturan juga ahli dalam mengorganisir

7. Tipe Kompromiser (Pengkompromi), adalah tipe seorang pemimpin yang sifatnya mudah berubah (tidak tetap) pendirian dan lemah dalam mengambil keputusan.

8. Tipe Eksekutif, adalah tipe seorang pemimpin yang dapat memberikan motivasi serta menjadi contoh, tekun, pandangan serta wawasannya luas.

9. Tipe Kharismatik, adalah tipe seorang pemimpin yang mempunyai kelebihan daya tarik dan pembawaan tinggi. Dianggap oleh bawahannya, bahwa pemimpin tipe ini mempunyai kelebihan,kekuatan yang luar biasa yang dapat membuat orang banyak kagum.

10. Tipe Paternalistik (Kebapakkan) adalah tipe seorang pemimpin yang suka melindungi tetapi jarang mempunyai kesempatan, banyak mengambil keputusan sendiri, suka berinisiatif, banyak fantasi, dan tidak mudah percaya pada orang lain.

11. Tipe Militeristis, adalah tipe seorang pemimpin yang suka memerintah, menghendaki kepatuhan yang mutlak/sepenuhnya dari para bawahan/anggotanya, banyak unsur formalitas kerja serta disiplin yang kaku.

12. Tipe Administrative, adalah tipe seorang pemimpin yang baik dalam penyelenggaraan administrasi, seperti ketatausahaan yang rapi, berpikir efektif dan efisien.

D. Syarat-Syarat Kepemimpinan

Hal ini dikaitkan dengan 3 hal penting yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin yaitu:

    1. Kekuasaan
    2. Kewibawaan
    3. Kemampuan

Selain itu pula harus diperhatikan penguasaan konsep-konsep, potensi yang dimiliki serta motivasi yang dapat ditumbuhkan kadang-kadang ambisi juga diperlukan.

Kepemimpinan harus mempunyai unsur kemampuan untuk mempengaruhi orang lain (bawahan/kelompoknya) untuk melakukan suatu pekerjaan dalam mencapai suatu tujuan tertentu.

E. Teknik Kepemimpinan

Beberapa teknik kepemimpinan meliputi beberapa kategori, yaitu :

1) Etika Profesi Pemimpin yaitu kewajiban yang dimiliki seorang pemimpin, bagaimana seharusnya tingkah laku seorang pemimpin dan pengembangan moralnya.

2) Dinamika Kelompok yaitu terjadinya interaksi (hubungan timbal balik) antar setiap anggota kelompok.

3) Komunikasi, arus informasi dan emosi yang tepat, penyampaian perasaan, pikiran dan kehendak kepada individu (kelompok) lain.

4) Pengambil Keputusan (Decision Making), adalah suatu hal yang sangat penting bagi seorang pemimpin walaupun sebenarnya cukup sulit.

5) Ketrampilan Berdiskusi (Melakukan Kompromi), diskusi berarti memecahkan dalam berbagai potongan (bagian). Artinya diskusi bertujuan untuk memecahkan masalah untuk mengari jalan keluar dengan mengambil kesimpulan.

F. Sifat-Sifat Pemimpin

Pemimpin harus memiliki sifat-sifat yang baik antara lain:

  1. Kuat mental dan fisik
  2. Bersemangat
  3. Ramah tamah dan kasih sayang
  4. Jujur
  5. Mempunyai kemampuan (ketrampilan)
  6. Tegas dan cepat dalam mengambil keputusan
  7. Cerdas dan bijaksana
  8. Berpengalaman
  9. Dapat dipercaya
  10. Dapat mengendalikan emosi
  11. Bersifat obyektif dan adil
  12. Bisa memberi perintah, celaan, pujian, dan koreksi
  13. Bisa menerima saran dan kritik
  14. Memperhatikan kelompoknya
  15. Menciptakan disiplin, dengan memberi contoh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar